Thursday, October 25, 2012

Sejumlah Kereta Api Terlambat Tiba di Purwokerto


Sejumlah kereta api dari arah timur yang melintas di jalur selatan diperkirakan terlambat tiba di Stasiun Besar Purwokerto, Jawa Tengah, akibat anjloknya KA Prameks jurusan Solo-Kutoarjo di Kalasan, Yogyakarta, Selasa, sekitar pukul 17.00 WIB. 

"Beberapa rangkaian kereta yang diperkirakan terlambat tiba di Stasiun Besar Purwokerto, yakni KA Senja Utama jurusan Solo-Jakarta, KA Gaya Baru Malam jurusan Surabaya-Jakarta, KA Gajahyana jurusan Malang-Jakarta, dan KA Bima jurusan Surabaya-Jakarta," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono. Berdasarkan jadwal perjalanan kereta, kata dia, KA Senja Utama biasanya tiba di Stasiun Besar Purwokerto pukul 21.42 WIB, KA Gaya Baru Malam pukul 22.45 WIB, KA Gajahyana pukul 23.00 WIB, dan KA Bima pukul 01.00 WIB.

Menurut dia, keterlambatan sampai stasiun tujuan diperkirakan juga terjadi pada rangkaian kereta dari arah Jakarta maupun Bandung yang melintas di jalur selatan karena harus melewati lokasi anjloknya KA Prameks, salah satunya KA Turangga jurusan Bandung-Jakarta.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya tidak bisa memprediksi berapa lama keterlambatan yang akan terjadi. "Kami juga belum mendapat informasi apakah rangkaian KA dari arah barat (Jakarta dan Bandung) yang melintas di jalur selatan akan dialihkan atau tidak," katanya. Menurut dia, dalam kasus kecelakaan yang terjadi di jalan kereta yang memiliki dua jalur rel biasanya petugas PT KAI Daop setempat akan membebaskan atau memperbaiki salah satu jalur rel. Dengan demikian, kata dia, rangkaian KA lainnya dapat melewati jalur yang lain di lokasi kecelakaan secara bergantian.

Seperti diketahui, KA Prambanan Ekspres (Prameks) jurusan Solo-Kutoarjo mengalami kecelakaan di KM 155 antara Stasiun Brambanan dan Stasiun Maguwo, masuk wilayah Kalasan, Yogyakarta, sekitar pukul 17.00 WIB. Dalam kecelakaan tersebut, satu gerbong anjlok dan satu gerbong terguling hingga menutupi dua jalur rel di lokasi kejadian. Sumber : www.antarajateng.com

No comments:

Post a Comment