Friday, October 26, 2012

Tiket KA ke Sejumlah Kota di Jawa Habis Terjual Menjelang Libur Idul Adha


Tiket kereta api dari Jakarta ke sejumlah kota di Jawa menjelang libur panjang Idul Adha sudah ludes terjual. Okupansi penumpang KA yang melintas di PT KAI daerah Operasi 5 Purwokerto hingga arus balik hingga akhir pekan Minggu (28/10/12) akhir pekan sudah 100 %.

"Libur Idul Adha kebetulan jatuh pada akhir pekan, jumlah penumpang melonjak hingga 20 %," kata Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto Surono. Rata-rata okupansi KA pada hari normal hanya 80%, tapi sampai akhir pekan ini okupansi sudah 100 %. Berdasarkan pantuan jumlah tiket yang terjual hingga akhir pekan atau arus balik libur panjang hari raya kurban sudah habis terjual.

Peningkatan jumlah penumpang tersebut untuk seluruh KA baik kelas eksekutif, bisnis maupun ekonomi yang melintas di wilayah Daop 5. "Seluruh KA dari Daop V yakni Purwojaya dari Cilacap, Sawunggalih Utama keberangkatan pagi dan malam dari Kutoarjo untuk kelas eksekutif dan bisnis sudah penuh. Kemudian KA kelas ekonomi seperti KA Kutojaya Utara dan Kutojaya Selatan dari Kutoarjo serta KA Serayu dari Kroya, Cilacap juga telah ludes tiketnya. Termasuk semua KA dari Daop lain yang melintas melalui Daop 5," terang Surono.

Mengenai perjalanan KA pada libur panjang tidak terganggu oleh peristiwa tergulingnya KA Prameks di Dusun Krajan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Selasa (23/10/12). Surono mengatakan, tidak terganggu sebab perjalanan KA melalui jalur selatan antara lintas Yogya-Solo sudah normal sejak Rabu pagi. ''Hari ini (Rabu) jalur KA lintas Yogya - Solo sudah lancar lagi. KA Logawa dari stasiun Purwokerto juga diberangkatkan lagi meski ada keterlambatan 24 menit dari jadwal,'' jelasnya

Pada Selasa KA Logawa tujuan Purwokerto yang berangkat dari Jember sempat tertahan di stasiun Prambanan. Sebanyak 400 penumpang terpaksa diangkut dengan bus sampai Purwokerto pukul 6.00. "Sesuai jadwal KA Logawa sampai di Purwokerto pukul 20.00, karena KA Prameks anjlok maka mereka baru tiba pukul 6.00 atau terlambat hingga 10 jam, Selain KA Logawa. KA jurusan Bandung seperti KA Mutiara juga mengalami keterlambatan." kata Surono. Sumber : www.pikiran-rakyat.com

No comments:

Post a Comment