Saturday, November 3, 2012

Droping Air di Banyumas Masih Berjalan


Kendati sudah memasuki musim penghujan, namun permintaan air bersih dari sebagian warga di Kabupaten Banyumas ternyata masih ada.  Dengan demikian, saat ini droping air yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih tetap berjalan.

''Droping air masih tetap dilakukan, sebab beberapa daerah yang selama ini kekurangan air bersih, seperti di Kemranjen, Kebasen, dan Cilongok masih mengajukan permintaan droping air,'' kata Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Yuniyanto.

Dia mengakui, saat ini hujan sudah mulai turun, tetapi intensitasnya masih relatif kecil, sehingga pengaruhnya terhadap pasokan air ke sumur warga belum begitu terasa.  Masih ada sebagian sumur warga di daerah rawan kekeringan yang belum terisi air.

Selain itu, lanjut dia, ada sebagian daerah yang sudah mulai mengurangi permintaan droping airnya.  ''Ada yang hanya minta dikirimi air bersih tiga hari sekali.  Padahal sebelumnya permintaan air bisa dua hari sekali,'' ujar dia. Dia menambahkan, lantaran permintaan droping air masih ada, Pemkab berupaya untuk tetap melayani permintaan tersebut.  Bahkan BPBD telah menjalin kerjasama dengan kalangan swasta untuk membantu droping air.  Langkah ini untuk menyiasati terkait persoalan pendanaan.

''Kami sudah mengajak kalangan swasta, termasuk perbankan untuk ikut peduli dengan melakukan droping air bersih ke masyarakat yang membutuhkan. Ternyata ajakan ini mendapatkan respon positif dari mereka,'' ungkapnya. Sementara dalam menghadapi musim penghujan, BPBD telah melakukan rapat koordinasi kesiapsiagaan dengan instansi terkait. Langkah ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor saat musim hujan. Sumber : www.suaramerdeka.com

No comments:

Post a Comment